Istri-istri Nabi Muhammad Shallallahu'alaihiwasallam

Lihat daftar garis nasab kenabian (dari nabi Ibrohim 'Alaihis salaam) dan pertemuan( pernikahan) para istri nabi dengan beliau sendiri, di paparkan ada sebelas orang yang mana garis nasab mereka dekat dengan kanjeng Nabi sendiri, yang diambil dari catatan sirah mereka, di antaranya :

 
1 - Juwairiyah putri al-Harits bin Abi Dhirar bin Habib bin A’idz bin Malik bin al-Musthaliq al-Khuzaiyah Radhiallaahu 'Anhaa, beliau dari bangsa Qahtaniyah (kemungkinan)
2 - Shafiyyah binti Huyyay bin Akhtab bin Abi Yahya bin Ka'ab bin Al-Khazraj An-Nazhriyyah, dari dzuriyah Nabi Harun 'alaihis Salam dan bersambung nasab nya ke Nabi Ya'qub bin Ishaaq bin Ibrohim 'Alaihimus Sholaatu Wassalaam
Keduanya diatas adalah di luar nasab nya dari garis kenabian Nabi Ismail bin Ibrohim 'Alaihimas Sholaatu Wassalaam
3 - Khadijah Radhiallaahu 'Anhaa binti Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushay, Dan Qushay adalah merupakan kakek kanjeng Nabi generasi ke lima di atas beliau
4 - Zaenab putri Khuzaimah Radhiallaahu 'Anhumaa bin al-Harits bin Abdullah bin Amr bin Abdu Manaf bin Hilal bin Amir bin Sha’sha’a bin Muawiyah dan bersambung nasabnya dari Qoys 'aylaan bin Mudhor, Dan Mudhor adalah kakek kanjeng Nabi generasi ke delapan belas di atas beliau
5 - Maimunah binti al-Harits Radhiallaahu 'Anhumaa bin Hazn bin Bujair bin al-Harm bin Ruwaibah bin Abdullah bin Hilal bin Amir bin Sha’sha’a bin Muawiyah, dan nasab nya bersambung sama seperti Zaenab binti Khuzaimah Radhiallaahu 'Anhumaa
6 - Zaenab Radhiallaahu 'Anhaa binti Jahsy bin Riab bin Ya’mur bin Shabirah bin Murrah bin Kabir bin Ghanm bin Dudan bin Asad bin Khuzaimah, dan Khuzaimah adalah kakek Kanjeng nabi generasi ke lima belas di atas nya. Dan dia punya keterlibatan juga (dalam nasab) dari ibunya Umaymah binti 'Abdul Muthollib ( bibi nya kanjeng Nabi sendiri )
7 - 'Aisyah binti abu Bakar (sahabat Nabi), dan ayahnya (Abu Bakar bin 'Utsman/Abu Qukhofah) nasab nya bersambung sampai ke Taym bin Murroh, dan Murroh adalah kakek Kanjeng Nabi generasi ke tujuh di atas nya.
8 - Ummu Salamah( Hindun) binti Abu Umayyah (Khudzaifah) bin Mughiroh bin Abdullah bin Umar bin Makhzum bin Yaqadzh bin Murroh, Dan Murroh adalah kakek kanjeng Nabi enerasi ke tujuh di atas nya.
9 - Ummu Habibah ( Romlah ) binti binti Shokhr( Abu Shufyan ) bin Harb bin Umaiyyah bin Abdu Syams bin Abdu Manaf, dan Abdu Manaf adalah kakek kanjeng nabi generasi ke empat di atas nya.
10 - Hafshoh binti 'Umar ( sahabat Nabi ) Radhiallaahu 'Anhumaa bin Al-Khottob, dan bersambung nasab nya dari 'Ady bin ka'ab, dan ka'ab adalah kakek kanjeng Nabi generasi ke delapan di atas nya.
11 - Saudah Radhiallahu 'anhaa binti Zam’ah bin Qois bin Abdu Syams bin Abdu Wud bin Nasr bin Malik bin Hisl bin Amir bin Luayyi, dan Lu'ayyi adalah kakek kanjeng nabi generasi ke sembilan di atas nya.
'Aisyah Radhiallahu 'Anhaa adalah satu satu nya orang yang menikah dengan kanjeng Nabi masih dalam keadaan perawan.
Kesemua nya istri kanjeng Nabi wafat setelah kanjeng Nabi wafat kecuali Khadijah ( Penguhulu para wanita dunia) dan Zaenab binti Khuzaimah Radhiallaahu 'Anhumaa.
Kesemuanya di maqamkan di pemakaman Baqi' kecuali Khadijah yang dimakamkan di Hujun Makkah dan Maymunah di makamkan Sarif.
=========================================
Di nukil dari :
- Maulid Barzanji Natsar
- Ahlu Bayt baina madrasatain Bahtsu 'An Hawiyyah Ahlul Bayt Al-Haqiqiyyah Baina Madrasatain Al-I'tidaal Wal-Ghuluw

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

1 komentar:

 

Copyright @ 2015