Enam Nasihat Ibrahim bin Adham


Pada suatu hari, ada seorang lelaki datang bertemu Ibrahim bin Adham.

“Wahai Abu Ishak (Ibrahim)! Saya seorang yang banyak berdosa dan zalim. Sudikah kiranya Tuan mengajar saya supaya menjadi zuhud, agar Allah menerangi jalan hidup saya dan melembutkan hati saya yang keras ini,” lelaki itu bertanya dan memohon bantuan.

“Kalau kau dapat memegang teguh enam ini, nescaya engkau akan selamat,” jawab Ibrahim.

“Apakah itu?” tanya lelaki tersebut.

Hari dan Tempat Nabi Muhammad Lahir

HARI LAHIR

Al Hafizh Ibnu Rajab (wafat tahun 795 H) menulis dalam Kitab Lathaa`iful Ma’aarif Fiimaa Li Mawaasimil ‘Aam Min Wazhaa`if halaman 101 :
وَالْمَشْهُوْرُ الَّذِيْ عَلَيْهِ الْجُمْهُوْرُ أَنَّهُ وُلِدَ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ ثَانِيَ عَشَرَ رَبِيْعِ الْأَوَّلِ وَهُوَ قَوْلُ ابْنِ إِسْحَاقَ وَغَيْرِهِ
Pendapat yang masyhur menurut ulama jumhur, Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam dilahirkan pada hari Senin tanggal 12 Rabi’ul Awwal. Itu adalah pendapat Imam Ibnu Ishaq dan yang lainnya
وَأَمَّا عَامُ وِلَادَتِهِ فَالْأَكْثَرُوْنَ عَلَى أَنَّهُ عَامُ الْفِيْلِ
Adapun tahun kelahiran Nabi , kebanyakan ulama mengatakan tahun kelahiran beliau adalah tahun gajah
Link Kitab Lathaa`iful Ma’aarif Fiimaa Li Mawaasimil ‘Aam Min Wazhaa`if
http://www.islamport.com/w/akh/Web/2838/26.htm

Sejarah Islam yang Disembunyikan Barat

Sejarah adalah peristiwa yang sudah terjadi, namun baru ditulis kemudian, jauh setelah kejadian sebenarnya berlalu. Sebagai cerita masa lalu sejarah mudah untuk dimanipulasi, dan disampaikan kepada generasi berikutnya yang hanya bisa menerima mentah-mentah informasi itu sebagai kebenaran.

Informasi mengenai penemuan-penemuan sains dan teknologi yang pernah kita terima kebanyakan berasal dari buku-buku pengetahuan Barat. Penemu-penemu yang disebut sebagai yang pertama di dunia itu pun dipuji sebagai orang yang berjasa kepada ilmu pengetahuan dan umat manusia.

Sejarah Adzan Pertama kali

(Riwayat : Anas r.a; Abu Dawud; Al Bukhari)
Seiring dengan berlalunya waktu, para pemeluk agama Islam yang semula sedikit, bukannya semakin surut jumlahnya. Betapa hebatnya perjuangan yang harus dihadapi untuk menegakkan syiar agama ini tidak membuatnya musnah. Kebenaran memang tidak dapat dimusnahkan.

Semakin hari semakin bertambah banyak saja orang-orang yang menjadi penganutnya. Demikian pula dengan penduduk dikota Madinah, yang merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam pada masa-masa awalnya. Sudah sebagian tersebar dari penduduk yang ada dikota itu sudah menerima Islam sebagai agamanya.

Bukti Pengkafiran Wahhabi kepada Umat Islam

Seluruh dunia Islam mengetahui bahwa Salafi Wahabi adalah aliran Islam radikal dan extreem, sejak muncul aliran ini sampai sekarang, mereka mengkafirkan siapapun yang tidak sepaham dengan mereka, sekalipun dalam masalah khilafiyah atau masalah dhonni, namun ada sebagian kaum muslimin yang masih ragu dengan berita tersebut, karena Salafi Wahabi sendiri mengelak dan menolak pemberitaan tersebut, tetapi penolakan mereka hanya berfungsi untuk orang-orang awam yang memang kurang peduli dan tidak teliti dalam masalah agama, maka kami sarankan untuk mendownload ebook ini, agar anda bisa melihat nyata pengkafiran mereka terhadap ummat Islam dan para ulama Islam yang tidak sepaham dengan mereka, sungguh ini bukan isu atau tuduhan tanpa bukti, silahkan buktikan sendiri dalam ebook ini,

Download disini

semoga bermanfaat

Makalah Sains dan Islam

SAINS DALAM PERSPEKTIF ISLAM[1]
oleh: Ahmad Muzaqqi
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sains merupakan kebutuhan pokok bagi setiap individu untuk menghadapi zaman yang sarat dengan persaingan ini, tak terkecuali kaum muslimin. Karena dengan sains, seseorang bisa dihormati dan diakui keberadaannya oleh masyarakat. Selain itu, sains juga menjadi salah satu indikator kemajuan suatu bangsa, karena pada dasarnya semua bidang kehidupan memerlukan sains.
Dari sinilah, untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, kita kaum muslimin harus berusaha mempelajari dan menguasai sains. Tapi, disisi lain, kita juga tidak diperbolehkan untuk melanggar ajaran Islam yang telah disempurnakan oleh Allah SWT. Karena pada hakikatnya, semua yang ada di alam semesta ini akan kembali kepadaNya, bahkan sebenarnya sains dan berbagai ilmu lainnya telah terkandung di dalam kalamNya, al-Qur’an.

Mengajar Keledai Membaca


mullah nasruddin hoja Timur Lenk menghadiahi Nasrudin seekor keledai. Nasrudin menerimanya dengan senang hati. Tetapi Timur Lenk berkata,
“Ajari keledai itu membaca. Dalam dua minggu, datanglah kembali ke mari, dan kita lihat hasilnya.”

Musyawarah Para Burung


musyawarah burung 4Dikisahkan, segala burung di dunia, yang dikenal atau tidak dikenal, datang berkumpul. Mereka sama-sama memiliki satu pertanyaan, siapakah raja mereka? Di antara mereka ada yang berkata, “Rasanya tak mungkin negeri dunia ini tidak memiliki raja. Maka rasanya mustahil bila kerajaan burung-burung tanpa penguasa! Jadi, kita semua memiliki Raja, ya, Raja.”
Semua burung tertegun, seperti ada keraguan yang mengawang-awang.
“Keadaan semacam ini tak bisa dibiarkan terus menerus. Hidup kita ini akan percuma bila sepanjang hayat kita, kita tidak pernah mengetahui, dan mengenal siapa Raja kita sesungguhnya.”
Masing-masing dari mereka masih berfikir dan terdiam. Lalu kembali ada yang berteriak, “Lalu apa yang harus kita lakukan?”

Membuat Faktorial menggunakan Turbo Pascal

Script berikut akan melakukan perhitungan faktorial dari bilangan yang diinputkan, silahkan dicoba sendiri.


program Faktorial;
uses wincrt;
procedure faktorial (var fak, hasil : integer);
var
i:integer;
begin
hasil := 1;
for i := 2 to fak do
hasil := Hasil * i;
End;
Var
N,Hasil_fak:integer;
Begin
Write ('Nilai yang akan difaktorialkan = '); Readln (N);
Faktorial (N,Hasil_Fak); Writeln;
Writeln ('Hasil Faktorial = ',Hasil_fak);
End.


Sumber 

Menghitung nilai rata-rata menggunakan Turbo Pascal

Script Pascal berikut adalah aplikasi yang akan melakukan perhitungan nilai rata-rata kelas, statemen while do akan mengakibatkan perulangan secara terus menerus. Untuk berhenti menginput data, isikan No. Induk dengan karakter ‘xx’, tanpa tanda kutip. Selamat Mencoba!


Contoh pengulangan menggunakan For Do

Berikut ini adalah sebagian contoh perulangan dengan penerapan statemen For.. Do..

Uses Wincrt;
const
akhir = 4;
var
baris,kolom : integer;
begin
for baris := akhir downto 1 do
begin
for kolom := baris downto 1 do
write(kolom);
writeln;
end;
end.

Hasil :
4321
321
21
1


Peti Kuno Nuri Bey

Nuri Bey adalah seorang Albania yang suka tepekur dan disegani, yang beristrikan wanita jauh lebih muda dari dirinya.
Suatu malam, ketika ia pulang lebih awal dan biasanya seorang pelayan yang setia menghadapnya dan berkata, “Istri Tuan berkelakuan mencurigakan. Ia berada di kamarnya dengan sebuah peti besar, cukup besar untuk menyimpan orang; peti itu dulu milik kakek Tuan. Mestinya peti itu hanya berisi beberapa sulaman kuno. Hamba yakin, kini didalamnya terdapat lebih dari sekedar sulaman. Dan hamba, yang sejak dulu menjaganya, kini tidak diperbolehkan membukanya.”
Nuri pergi kekamar istrinya, dan mendapatkannya duduk murung disamping peti kayu besar itu.

Istri-istri Nabi Muhammad Shallallahu'alaihiwasallam

Lihat daftar garis nasab kenabian (dari nabi Ibrohim 'Alaihis salaam) dan pertemuan( pernikahan) para istri nabi dengan beliau sendiri, di paparkan ada sebelas orang yang mana garis nasab mereka dekat dengan kanjeng Nabi sendiri, yang diambil dari catatan sirah mereka, di antaranya :

Kapan Niat Puasa Dilakukan?

vDalam hal niat puasa wajib (jenis apa saja), para ulama berbagai mazhab sepakat bahwa niat harus dilaksanakan pada malam hari. Pendapat ini didasarkan pada hadis Rasul saw. yang diriwayatkan oleh Sayidah 'Aisyah yang artinya:
"Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum terbit fajar, maka tidak sah puasanya".
Lain halnya puasa sunnat, waktu berniat tidak harus malam hari, tapi bisa dilakukan setelah terbit fajar sampai sebelum tergelincirnya matahari (waktu Dzuhur) dengan syarat ia belum makan/minum sedikitpun sejak Subuh. Bahkan ulama mazhab Hambali, untuk puasa sunat, membolehkan berniat setelah waktu Dzuhur.

Tentang Bermadzhab


Mazhab artinya jalan. Dalam masalah agama sering disebut aliran. Sebenarnya banyak sekali aliran dan mazhab yang dikenal dalam sejarah Islam. Sejak masa sahabat dan munculnya perbedaan pendapat dalam masalah cabang agama, setiap pendapat lalu disebut dengan istilah mazhab, maka di sana terkenal  mazhab Aisyah, mazhab Adbullah bin Umar, mazhab Abdullah bin Masud dll.

Sampai sekitar pertengahan abad keempat, ada sekitar 13 mazhab terkenal yang pendapat mereka dikodifikasikan oleh para pengikut mereka, termasuk di dalamnya mazhab empat, yaitu Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hanbali. Selanjutnya mazhab empat tersebut yang  yang paling populer di kalangan umat Islam sunni serta mendapatkan perhatian intelektual yang sangat besar dari para pengikutnya.

Mazhab selain mazhab empat yang juga cukup populer dan benyak pengikutnya adalah Dawud al-Zahiri, Zainul Abidin (dari syiah), Ja'far Shadiq dan Jabir bin Zaid (Ibadliyah)

Nur Muhammad


وَقَدْ نَقَلَ الْإِمَامُ أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ الصَّقَلِّيُّ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى فِي كِتَابِ الدَّلَالَاتِ لَهُ مَا هَذَا لَفْظُهُ .
إنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لَمْ يَخْلُقْ خَلْقًا أَحَبَّ إلَيْهِ مِنْ هَذِهِ الْأُمَّةِ وَلَا أَكْرَمَ عَلَيْهِ مِنْ نَبِيِّهَا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ النَّبِيِّينَ بَعْدَهُ ثُمَّ الصِّدِّيقِينَ وَالْأَوْلِيَاءِ الْمُخْتَارِينَ .
وَذَلِكَ أَنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى خَلَقَ نُورَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَبْلَ خَلْقِ آدَمَ بِأَلْفَيْ عَامٍ وَجَعَلَهُ فِي عَمُودٍ أَمَامَ عَرْشِهِ يُسَبِّحُ اللَّهَ وَيُقَدِّسُهُ ثُمَّ خَلَقَ آدَمَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ مِنْ نُورِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَخُلِقَ نُورُ النَّبِيِّينَ عَلَيْهِمْ السَّلَامُ مِنْ نُورِ آدَمَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ انْتَهَى .
وَقَدْ أَشَارَ الْفَقِيهُ الْخَطِيبُ أَبُو الرَّبِيعِ فِي كِتَابِ شِفَاءِ الصُّدُورِ لَهُ أَشْيَاءُ جَلِيلَةٌ عَظِيمَةٌ .
فَمِنْهَا مَا رُوِيَ أَنَّهُ لَمَّا شَاءَ الْحَكِيمُ خَلْقَ ذَاتِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُبَارَكَةِ الْمُطَهَّرَةِ أَمَرَ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى جِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلَامُ أَنْ يَنْزِلَ إلَى الْأَرْضِ وَأَنْ يَأْتِيَهُ بِالطِّينَةِ الَّتِي هِيَ قَلْبُ الْأَرْضِ وَبَهَاؤُهَا وَنُورُهَا .
قَالَ فَهَبَطَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ وَمَلَائِكَةُ الْفِرْدَوْسِ وَمَلَائِكَةُ الرَّفِيقِ الْأَعْلَى وَقَبَضَ قَبْضَةً مِنْ مَوْضِعِ قَبْرِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهِيَ بَيْضَاءُ مُنِيرَةٌ فَعُجِنَتْ بِمَاءِ التَّسْنِيمِ وَغُمِسَتْ فِي مَعِينِ أَنْهَارِ الْجَنَّةِ حَتَّى صَارَتْ كَالدُّرَّةِ الْبَيْضَاءِ وَلَهَا نُورٌ وَشُعَاعٌ عَظِيمٌ حَتَّى طَافَتْ بِهَا الْمَلَائِكَةُ حَوْلَ الْعَرْشِ وَحَوْلَ الْكُرْسِيِّ وَفِي السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَفِي الْجِبَالِ وَالْبِحَارِ فَعَرَفَتْ الْمَلَائِكَةُ وَجَمِيعُ الْخَلْقِ مُحَمَّدًا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَفَضْلَهُ قَبْلَ أَنْ تَعْرِفَ آدَمَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ .

Ilmu Berkurang Karena Maksiat


Imam Syafi'i menuturkan
شكوت إلي وكيع سوء حفظي ** وأرشدني إلي ترك المعاص
وأخبرني بأن علم النور ** ونور الله لا يهدى لعاص

Aku pernah mengadukan keluhanku kepada guruku Imam Waki' tentang jeleknya hafalanku
Dan beliau membimbingku ( menyuruhku) untuk meninggalkan maksiat
Dan beliau juga mengkhabarkan kepadaku bahwasannya Ilmu itu Nuur (cahaya)
Dan Nurullaah ( cahaya Allah ) tidak akan datang petunjuk nya pada orang yang bermaksiat.

Teori Belajar Piaget, Metode dan Penerapannhya dalam Pembelajaran Fisika


A.     PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Konsep dasar psikologi  yang menjadi jantungnya proses pembelajaran adalah belajar atau “learning”. Winataputra mengintisarikan ciri pokok konsep belajar menurut Fontan (1981:147) sebagai proses perubahan perilaku individu yang relatif tetap sebagai  hasil dari pengalaman. Sedangkan konsep pembelajaran merujuk pada upaya penataan lingkungan (fisik, sosial, kultural, dan psikologis atau spiritual) yang memberi suasana bagi tumbuh dan berkembangnya proses belajar. Jadi, jika dilihat dari individu yang belajar  proses belajar bersifat internal dan unik, sedang proses pembelajaran bersifat eksternal  (datang dari luar diri) yang sengaja dirancang dan karena itu bersifat rekayasa atau ”engeneering”.
Belajar merupakan suatu proses internal dan unik, yang dialami oleh setiap individu. Setiap individu memiliki pengalaman yang berbeda dalam prose belajar yang dialaminya. Karenannya, proses belajar tidak dapat diwakili, tetapi harus dialami langsung oleh individu yang bersangkutan.

Makalah Perkembangan Moral pada Remaja


BAB I
PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG
Remaja merupakan suatu masa dari umur manusia yang paling banyak mengalami perubahan, sehingga membawanya pindah dari masa kanak-kanak menuju kepada masa dewasa. Perubahan-perubahan yang terjadi itu, meliputi : jasmani, rohani, pikiran, perasaan dan sosial. Dalam pembagian tahap perkembangan manusia, maka masa remaja menduduki tahap progresif.
Meskipun perkembangan aspek-aspek kepribadian telah diawali pad masa-masa sebelumnya, tetapi puncaknya boleh dikatakan terjadi pada masa remaja. Sebab setelah melewati masa remaja ini remaja telah berubah menjadi seorang dewasa yang boleh dikatakan telah terbentuk suatu pribadi yang relative tetap.

Makalah Perkembangan Bahasa pada Remaja

BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang

Bahasa merupakan suatu untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial. Penggunaan aspek kebahasaan dalam proses pembelajaran sering berhubungan satu sama lainnya. Bersamaan dengan kehidupannya dalam masyarakat luas, remaja mengikuti proses belajar di sekolah. Sebagaimana diketahui dilembaga pendidikan bahasa diberikan rangsangan yang terarah sesuai dengan kaidah-kaidah yang benar. Proses pendidikan bukan memperluas dan memperdalam cakrawala ilmu pengetahuan semata,namun juga secara berencana merekayasa perkembangan sistem budaya, termasuk didalamya perilaku berbahasa.
Pengaruh pergaulan dalam masyarakat (teman sebaya) terkadang cukup menonjol, sehingga bahasa remaja menjadi lebih diwarnai pola bahasa pergaulan yang berkembang didalam kelompok sebaya. Dari kelompok itu berkembang bahasa sandi, bahasa kelompok tertentu yang bentuknya amat khusus.
Perkembangan bahasa anak dilengkapi dan diperkaya oleh lingkungan masyarakat dimana mereka tinggal. Hal ini berarti bahwa proses pembentukan kepribadian yang dihasilkan dari pergaulan dengan masyarakat sekitar akan memberi ciri khusus dalam perilaku berbahasa. Bersamaan dengan kehidupannya dalam masyarakat luas, anak (remaja) mengikuti proses belajar di sekolah.

Makalah Pendekatan Dalam Pembelajaran


Bab I
Pendahuluan

A.    Latar Belakang
Di era globalisasi seperti ini semua aspek kehidupan dituntut untuk terus maju dan berkembang dengan cepat. Peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia terus diupayakan dan dikembangkan seiring dengan perkembangan jaman yang semakin global. Peningkatan sumber daya manusia juga berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Pendidikan merupakan ujung tombak dalam pengembangan sumber daya manusia harus bisa berperan aktif dalam meningkatkan kualitas dan juga kuantitas. Upaya pengembangan tersebut harus sesuai dengan proses pengajaran yang tepat agar anak  didik dapat merima didikan dengan baik.
Dewasa ini, proses belaja mengajar di sekolah baik SD, SMP, maupun SMA masih menggunakan paradigma lama, yaitu didominasi oleh peran dan kegiatan guru, dimana guru yang lebih aktif dalam mengajar daripada peserta didiknya. Peserta didik hanya mendengarkan penjelasan yang guru sampaikan. Peserta didik cendrung tidak diajak untuk mengetahui dan memahami peristiwa dan konsep mengenai materi fisika kurrang dikuasai oleh peserta didik dan peserta didik pun lambat dalam memahami materi pembelajaran fisika
Dalam kegiatan belajar mengajar sangat diperlukannya interaksi antara guru dan murid yang memiliki tujuan. Agar tujuan ini dapat tercapai sesuai dengan target dari guru itu sendiri, maka sangatlah perlu terjadi interaksi positif yang terjadi antara guru dan murid. Dalam interaksi ini, sangat perlu bagi guru untuk membuat interaksi antara kedua belah pihak berjalan dengan menyenangkan dan tidak membosankan. Hal ini selain agar mencapai target dari guru itu sendiri, siswa juga menjadi menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar, serta lebih merasa bersahabat dengan guru yang mengajar.

Makalah Pembelajaran Inkuiri

   I.      PENDAHULUAN
Pendekatan inkuiri pada prinsipnya telah lama digunakan dalam kehidupan manusia. Tidak sedikit penemuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat berguna untuk memperbaiki kehidupan man
usia. Dalam kehidupannya, seseorang dalam keluarga sejak masa kanak-kanak sering menanyakan sesuatu, mencoba melakukan sesuatu, sehingga ia memperoleh kejelasan atau menemukan jawabannya dari apa yang ingin diketahuinya. Jadi, sebenarnya potensi untuk menyelidiki dan menemukan sesuatu telah banyak dimiliki seseorang sejak kecil, namun sering terhambat oleh lingkungan keluarga dan sekolah yang kurang memadai.

Makalah Media Pembelajaran


BAB I
PENDAHULUAN
  A.    Latar Belakang
Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang sangat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran, antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas dan respons yang diharapkan, ternasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.

Makalah perkembangan emosi remaja


PERKEMBANGAN EMOSI REMAJA

A.    PENDAHULUAN
1.    Latar Belakang
Remaja berada pada periode perkembangan yang banyak mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangan khususnya menyangkut dengan penyesuaian diri terhadap tuntutan lingkungan dan masyarakat serta orang dewasa. Masalah yang sering terjadi pada perkembangan intelektual dan emosional remaja adalah ketidakseimbangan antara keduanya. Kemampuan intelektual mereka telah dirangsang sejak awal melalui berbagai macam sarana dan prasarana yang disiapkan di rumah dan di sekolah dengan berbagai media.
Pembelajaran kadang tidak selalu disukai oleh peserta didiknya, sehingga banyak tujuan pembelajaran yang tidak tercapai. Ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman dari sang pendidik akan perkembangan emosi dan jiwa peserta didiknya, khususnya remaja. Sebab, dalam usia remaja perubahan emosi dan psikologis sangat pesat sekali.

Makalah Perkemangan Fisik


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
                 Perkembangan anak adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari pematangan.  Di sini menyangkut adanya proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem yang berkembang sedemikian rupa per- kembangan emosi, intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya.
            Aspek– aspek perkembangan individu meliputi fisik, intelektual, sosial, emosi, bahasa, moral dan agama. Perkembangan fisik meliputi pertumbuhan sebelum lahir dan pertumbuhan setelah lahir. Intelektual (kecerdasan) atau daya pikir merupakan kemampuan untuk beradaptasi secara berhasil dengan situas baru atau lingkungan pada umumnya. Sosial, setiap individu selalu berinteraksi dengan lingkungan dan selalu memerlukan manusia lainnya. Emosi merupakan perasaan tertentu yang menyertai setiap keadaan atau perilaku individu. Bahasa merupakan kemampuan untuk berkomunikasi dengan yang lain. Moralitas merupakan kemauan untuk menerima dan melakukan peraturan, nilai-nilai atau prinsip-prinsip moral. Agama merupakan kepercayaan yang dianut oleh individu.
Setiap aspek-aspek dari perkembangan tiap individu, pasti memiliki pengaruh serta implikasi masing-masing terhadap perkembangan individu itu sendiri. Begitu pun aspek perkembangan fisik, pasti memiliki pengaruh dan implikasi dalam  perkembangan individu tersebut. Baik itu sedikit maupun banyak, dan  mengarah kepada hal positif maupun negatif.

Makalah Teori Belajar Piaget


TEORI BELAJAR PIAGET, METODE RESTIUSI
DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

  A.     PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Konsep dasar psikologi  yang menjadi jantungnya proses pembelajaran adalah belajar atau “learning”. Winataputra mengintisarikan ciri pokok konsep belajar menurut Fontan (1981:147) sebagai proses perubahan perilaku individu yang relatif tetap sebagai  hasil dari pengalaman. Sedangkan konsep pembelajaran merujuk pada upaya penataan lingkungan (fisik, sosial, kultural, dan psikologis atau spiritual) yang memberi suasana bagi tumbuh dan berkembangnya proses belajar. Jadi, jika dilihat dari individu yang belajar  proses belajar bersifat internal dan unik, sedang proses pembelajaran bersifat eksternal  (datang dari luar diri) yang sengaja dirancang dan karena itu bersifat rekayasa atau ”engeneering”.
Belajar merupakan suatu proses internal dan unik, yang dialami oleh setiap individu. Setiap individu memiliki pengalaman yang berbeda dalam prose belajar yang dialaminya. Karenannya, proses belajar tidak dapat diwakili, tetapi harus dialami langsung oleh individu yang bersangkutan.

Ebook Motivasi Psikologi Populer

Pilih Ebook yang anda inginkan untuk mendownloadnya :

60 cara pengembangan diri - DJVU

Agar siapa saja mau melakukan apa saja untuk anda

Alan Pease - Why Men Dont Listen - EXE

Alan Pease - Why Men Dont Listen And Women Cant Read Maps

Alex Pattakos - Lepas Dari Penjara Pikiran - EXE

Andy F. Noya - Kick Andy - Kisah Inspiratif - PDF

Arul Khan - Jadi Penulis T.O.P Banget - EXE

Berfikir_Benar_Berfikir_Positif

Bobby de Porter - Quantum Sukses - EXE



Ebook Bisnis

Klik nama Ebook yang anda inginkan untuk mendownload


1 Bulan Dapat $20.000

9 Prinsip Sukses dari CEO Perusahaan Raksasa Virgin Group

24_Prinsip_Milyarder_Yang_Dicerahkan

38_peluang_bisnis_online

AdSense_Conversion_Secrets

Akses_kerja_online_di_indonesia

Alertpay_verified

Amazing_Internet_Bussines

Bagaimana-Memulai-Bisnis-Online-Ala-Bocah-SMP

Tukaran Link

Pada dasarnya tukar link adalah sebuah konsep yang diizinkan oleh Google, tapi syarat dan ketentuan berlaku. Kenapa diizinkan? Karena sebuah website yang profesional sekalipun, terkadang masih melakukan tukar link dengan relasi bisnisnya.

Jadi yang dibenci Google bukan aktifitas tukar linknya, tapi motivasi yang kurang tepat dari tukar link tersebut. Tukar link hanya diperbolehkan dengan tujuan membantu pengunjung halaman, dan bukan untuk mendorong peringkat. Singkat kata, tukar link dengan cara berlebihan tergolong ke dalam link scheme alias web spam. Itulah sebabnya Google menaruh 2 parameter untuk menentukan apakah tukar link itu bisa diterimanya atau tidak. Apa saja parameter tersebut?. Ini dia:

Apakah Tukar Link Bermanfaat Untuk SEO Pada Blog?

1. Tukar link jangan berlebihan
2. Tukar link harus masih satu topik

Tukar Link Bukan Strategi Jangka Panjang

Mesin pencari atau search engine menyukai situs dengan pertambahan backlink yang stabil. Padahal di satu sisi saudara tidak bisa terus menerus melakukan tukar link.
1. Kalau link terus bertambah, maka konten halaman selain artikel akan terus bertambah. Misalnya anda tukar link dengan 500 blog, dan setiap link mempunyai 4 kata teks jangkar. Itu berarti jumlah kata dari hasil tukar link pada sidebar sudah mencapai 2000 kata. Apakah saudara sanggup membuat artikel yang lebih banyak dari 2000 kata setiap kali posting? Parahnya lagi kalau 2000 kata ini muncul di semua halaman, karena terpasang di sidebar....sedangkan artikel saudara panjangnya cuma 500-1000 kata saja.... itu berarti perjuangan menjadi juara 1 Google nyaris mustahil.
2. Google mengukur reputasi blog kita dengan pertambahan dan pengurangan backlink. Kalau suatu saat backlink sudah tidak bisa ditambah, karena memperberat waktu muat halaman maka kurva pertambahan akan terhenti. Apakah kurva pengurangan akan berhenti juga? Tidak! banyak blogger yang opportunis dan tidak jujur....link saudara bisa saja dihapusnya setelah 2 atau 3 bulan. Saat ini terjadi trafik blog akan mulai mengalami degradasi.
3. Dari ratusan partner link....apakah mereka semua bermain SEO yang bersih? Rasanya tidak.... tukar link saja sudah pelanggaran, jadi tidak ada jaminan mereka semua akan bermain bersih. Jika satu saja dari ratusan link di halaman saudara menuju ke sebuah blog yang terkena penalty Google, maka selamat...blog saudara juga akan terkena pengurangan poin sebagai sanksinya.


Saya berharap saudara memahami ini. amin.
Sekarang, bagi yang ingin tukar link dengan blog Semut Lewat ini, syaratnya adalah kategori dari blog saudara adalah:
  • Religion Blog (berhubungan dengan agama)
  • Science Blog (berhubungan dengan sains)
InsyaAllah ngerti bahasa inggris ya :D
Sekarang saudara tinggal menaruh blog saya pada blog saudara, Monggo :)

Daftar backlink teman-teman:

Belum ada :(

Ebook Bahasa

Arab :

   Arabic Pad

   Belajar B_Arab

   Belajar Bahasa Arab

Indonesia :

   Kamus Besar Bahasa Indonesia

Inggris :

   501 vocabulary questions

   Bill Gunston - The Cambridge Aerospace Dictionary

   David Alan Herzog - Websters New World Essential Vocabulary

Download Ebook Gratis

Pilih kategori Ebook di bawah:

   Bahasa

   Bisnis

   Developer

   Internet dan Blog

   Islami

   Komputer

   Kumpulan Script

   Motivasi Psikologi Populer

   Other

Makalah Kesehatan Pribadi dan Lingkungan


KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas karunia-Nya kami tim penyusun Makalah Pendidikan tentang “Kesehatan Pribadi dan Kesehatan Lingkungan” yang dapat memberikan pengetahuan mengenai kepentingan pemeliharaan kesehatan pribadi dan kesehatan lingkungan bagi manusia dalam janga pendek maupun jangka panjang dan demi kelangsungan hidup mereka.
Makalah ini dikemas secara ringkas tetapi tidak mengurangi nilai-nilai dasar kehidupan manusia dengan hubungannya pada lingkungan tersebut.
Sebagai sarana yang berbobot makalah ini sangat membantu khususnya dalam memberi materi pembelajaran mengenai pentingnya pemeliharaan lingkungan dan dirinya sendiri.

Download Buku Fisika untuk Anak Kuliahan

Download Buku

Young_Freedman_University_Physics_13th.ZIP

Tipler_Mosca_Physics_Scientists_Engineers_6th.ZIP

ini saja dulu buku yang bisa admin bagikan, tunggu buku berikutnya, terima kasih.

Al Battani sang Matematikawan Sejati


Dahulu saat kita masih duduk di sekolah menengah pertama, guru matematika kita kerap menggunakan istilah Sinus, Kosinus, Tangen dan Kotangen. Akan tetapi, kita kadang-kadang tidak mengenal pemopuler istilah tersebut. Siapakah dia? Salah satu tokohnya adalah Al Battani yang di kalangan ilmuwan Barat dikenal dengan sebutan Albategni atau Albategnius.

Dia dikenal menggunakan prinsip trigonometri ketika melakukan observasi astronomi di observatorium yang dibangun Khalifah Makmum Al Rasyid dan Khalifah Abbasyiah.
Pengertian sinus dan kosinus tersebut untuk menggantikan istilah chord  atau tali busur yang biasa digunakan dalam perhitungan astronomi dan trigonometri di masa itu. Dalam bahasa Arab, istilah sinus disebut jaib yang berarti teluk atau garis bengkok.

Ibnu Al Haitham Pakar Fisika Optik


Sejarah mencatat salah satu peletak dasar ilmu fisika optik adalah sarjana islam Ibnu Al Haitham atau yang dikenal di Barat dengan sebutan Alhazen, Avennathan atau Avenatan. Ilmuwan besar yang punya nama lengkap Abu Al Hasan Ibnu Al Haitham Al Bashri Al Misri ini lahir di Basrah, Irak pada 965 M. mengecap pendidikan di Basrah dan Baghdad, penguasaan matematikanya oleh Max Mayerhof, seorang sejarawan dianggap mengungguli Euclides dan Ptolemeus.

Setelah selesai di kedua kota itu, Ibnu Haitham meneruskan pendidikannya di Mesir dan bekerja di bawah pemerintahan khalifah Al Hakim (996 - 1020 M) dari daulah Fatimiyah. Diapun mengunjungi Spanyol untuk melengkapi beberapa ahli karya ilmiahnya. Seperti sarjana islam lainnya, Ibnu Haitham tidak hanya menguasai fisika, ilmu optik, tetapi juga filsafat, matematika dan obat-obatan atau farmakologi. Tidak kurang 200 karya ilmiah mengenai beberapa bidang itu dihasilkan Ibnu Haitham  sepanjang hidupnya.

Alam semesta adalah guru yang bijak


Tatkala seorang guru sufi besar Hasan, mendekati akhir masa hidupnya, seseorang bertanya kepadanya, “Hasan, siapakah gurumu?”

Dia menjawab, “Aku memiliki ribuan guru. Menyebut nama mereka satu-persatu akan memakan waktu berbulan-bulan, bertahun-tahun dan sudah tidak ada waktu lagi untuk menjelaskannya. Tetapi ada tiga orang guru yang akan aku ceritakan kepadamu.

Hari esok yang lebih baik


Tersebutlah seorang penganut tasawuf bernama Nidzam al-Mahmudi. Ia tinggal di sebuah kampung terpencil, dalam sebuah gubuk kecil. Istri dan anak-anaknya hidup dengan amat sederhana. Akan tetapi, semua anaknya berpikiran cerdas dan berpendidikan. Selain penduduk kampung itu, tidak ada yang tahu bahwa ia mempunyai kebun subur berhektar-hektar dan perniagaan yang kian berkembang di beberapa kota besar. Dengan kekayaan yang diputar secara mahir itu ia dapat menghidupi ratusan keluarga yg bergantung padanya. Tingkat kemakmuran para kuli dan pegawainya bahkan jauh lebih tinggi ketimbang sang majikan. Namun, Nidzam al-Mahmudi merasa amat bahagia dan damai menikmati perjalanan usianya.

Sebutir kurma penjegal Do’a


Usai menunaikan ibadah haji, Ibrahim bin Adham berniat ziarah kemesjidil Aqsa. Untuk bekal di perjalanan, ia membeli 1 kg kurma dari pedagang tua didekat mesjidil Haram. Setelah kurma ditimbang dan dibungkus, Ibrahim melihatsebutir kurma terletak dekat timbangan. Menyangka kurma itu bagian dari yang ia beli, Ibrahim memungut dan memakannya. Setelah itu ia langsung berangkat menuju Al Aqsa.

Pelajaran dari Abu Yazid Al-Busthami tentang Ujub dan Takabur.


Sahabatku rahimakumullah..
Dalam kehidupan kita, seringkali kita juga lebih mudah untuk mendapatkan pelajaran dari cerita-cerita sederhana ketimbang uraian-uraian panjang yang ilmiah. Berikut ini sebuah cerita dari Guru Sufi terkenal, Bayazid Al-Busthami, yang insya Allah, dapat kita ambil pelajaran daripadanya;

Di samping seorang sufi, Bayazid juga adalah pengajar tasawuf. Di antara jamaahnya, ada seorang santri yang juga memiliki murid yang banyak. Santri itu juga menjadi Kyai bagi jamaahnya sendiri. Karena telah memiliki murid, santri ini selalu memakai pakaian yang menunjukkan kesalehannya, seperti baju putih, serban, dan wewangian tertentu.

Kepala Ikan untuk Sang Nelayan



Seorang nelayan salih di Tunisia tinggal di sebuah gubuk yang sederhana dari tanah liat. Setiap hari ia melayarkan perahunya untuk menangkap ikan. Setiap hari, ia terbiasa menyerahkan seluruh hasil tangkapannya pada orang-orang miskin dan hanya menyisakan sepotong kepala ikan untuk ia rebus sebagai makan malamnya.

Nelayan itu lalu berguru kepada syaikh besar sufi, Ibn Arabi. Seiring dengan berlalunya waktu, ia pun menjadi seorang syaikh seperti gurunya.

Suatu saat, salah seorang murid sang nelayan akan mengadakan perjalanan ke Spanyol. Nelayan itu memintanya untuk mengunjungi Syaikhul Akbar, Ibn Arabi. Nelayan itu berpesan agar dimintakan nasihat bagi dirinya. Ia merasakan kebuntuan dalam jiwanya.

Hadiah Salat Malam


Seorang pencuri masuk ke rumah Ahmad bin Khazruya, seorang sufi besar. Ia sibuk mencari barang berharga untuk dicuri, tetapi ia tak menemukan apa-apa. Ketika pencuri itu hendak pergi dengan kecewa, Ahmad, sang sufi, memanggilnya.
"Anak muda, ambillah ember ini dan timba air dari sumur. Berwudhulah kau dengan air itu dan dirikanlah salat. Kalau ada sesuatu, nanti aku berikan padamu, supaya kau tak pulang dengan tangan hampa," ujar Ahmad.

Kisah Sufi Kaya dan Sufi Miskin


Suatu saat, seorang guru merekomendasikan kepada muridnya untuk berguru kepada seorang sufi ternama. Setelah melewati perjalanan yang amat panjang, sang Murid akhirnya bisa berjumpa dengan guru yang dimaksud.

Betapa kagetnya setelah ia mengatahui rumahnya yang mewah bak istana raja. Ia bertanya kepada para tetangganya, apakah betul bahwa istana itu tempat tinggal sang Sufi sebagaimana yang direkomendasikan oleh gurunya. Semuanya menjawab “Ya”.

 

Copyright @ 2015